Kontak kami : Alamat : DESA GRAWAN KEC. SUMBER KAB. REMBANG Email : [email protected] TELP. : 081326310979 KONTAK KAMI PEMDES GRAWAN KEC.SUMBER KAB.REMBANG  

Visi dan Misi Desa Grawan

ASWIN ABDUL IMAM SHOLIKIN SPd | 06 Oktober 2020 10:29:00 | 7.529 Kali

VISI

Berdasarkan Visi kepala desa terpilih desa Grawan pada saat mencalonkan diri,  dengan memperhatikan  data kondisi umum desa dan  analisis isu-isu strategis pembangunan jangka menengah desa untuk  enam  tahun kedepan dirumuskan menjadi visi pembangunan jangka menengah desa Grawan Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang Tahun 2020-2025 adalah sebagai berikut :

 

Guyup Rukun Gotong Royong Menuju Desa Grawan Semakin Maju, Mandiri , Berbakat dan Berbudi Pekerti

 

Penjelasan unsur-unsur  visi diatas adalah sebagai berikut:

  1. Grawan  yang  Guyup rukun gotong royong, adalah kondisi  masyarakat desa Grawan Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang  yang bahagia baik lahir maupun batin. Kebahagian itu ditunjukkan dengan saling mengerti satu dengan yang lain saling tolong menolong, gotong royong dalam hal bakti sosial lingkungan, terjaminnya kebebasan menjalankan ibadah sesuai keyakinan , terwujudnya ketenteraman dalam kehidupan berumah tangga dan bermasyarakat.
  2. Grawan yang Maju, Desa Grawan Kecamatan Sumber memiliki sarana prasarana yang memadai dengan tingkat pelayanan publik yang memuaskan, didukung oleh sistem pemerintahan desa daerah yang partisipatif, transparan, akuntabel dan demokratis, ditopang oleh teknologi dan informasi  serta mendukung dalam hal Wisata Bendungan Desa.
  3. Grawan  yang Mandiri, adalah desa Grawan Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang memiliki petensi pertanian yang dapat meningkatkan proporsi pendapatan asli desa yang semakin besar dan terwujudnya surplus bahan pangan, palawija dan produk peternakan  dan perkebunan dengan tetap mempertahankan swasembada padi dan jagung. Banyaknya home industri /  rumah tangga yang memanfaatkan sumberdaya lokal, baik bahan, maupun tenaga kerja dalam proses produksinya.
  4. Grawan  yang Berbakat, adalah masyarakat banyak yang mempunyai bakat dan ketrampilan, sehingga mampu beraktifitas dan bekerja untuk mendapatkan penghasilan yang cukup, contoh saja pemuda banyak yang hobi dalam olah raga bola volly, pertukangan, bengkel sepeda motor, bengkel las, menjahit dan bordir.
  5. Grawan  yang Berbudi pekerti, adalah masyarakat  desa Grawan Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang mampu mengikuti perkembangan dan perubahan situasi serta kondisi lokal, nasional dan global  di bidang pendidikan, tehnologi,   ekonomi, sosial, budaya dan politik, tanpa harus menjadi korban sebagai dampak arus globalisasi dan ketentraman dalam bermasyarakat.

Misi

Dalam rangka mencapai visi seperti tersebut diatas, dirumuskan sejumlah misi sebagai berikut:

 

  1. Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa dan Lembaga Desa Menurut Kewajiban dan Tugasnya masing-masing.
  2. Meningkatkan pembangunan infrastruktur pelayanan publik yang mendukung perekonomian desa, seperti jalan desa/lingkungan, jembatan , embung, jaringan irigasi, serta infrastruktur strategis lainnya yang sudah tidak layak atau sudah rusak, serta penataan lingkungan di tiap-tiap RT dengan musyawarah mufakat.
  3. Meningkatkan mutu dan akses pelayanan kesehatan dasar di pustu , mendorong peningkatan derajat kesehatan, pemberdayaan Posyandu, agar  masyarakat dapat hidup sehat  dan memiliki harapan hidup yang lebih panjang.
  4. Meningkatkan mutu, akses dan relevansi pendidikan sejak dini mulai dari jenjang PAUD , TK, Pendidikan dasar sampai dengan jenjang menengah dan pendidikan tinggi untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia .Memacu pertumbuhan investasi dalam rangka menghidupkan dan meningkatkan perkembangan sektor riil dan peningkatan kesempatan kerja serta pendidikan agama baik TPQ maupun MADDIN.
  5. Meningkatkan akses UMKM terhadap sumber permodalan dan menciptakan iklim usaha yang kondusif.
  6. Meningkatnya perekonomian masyarakat.
  7. Meningkatnya pengelolaan sumberdaya alam sesuai kewenangan lokal berskala desa melalui Bumdes
  8. Meningkatkan produktivitas pertanian dalam arti luas.
  9. Meningkatkan pendapatan asli desa  terutama dari sumber-sumber pendapatan non konvensional dan tidak membebani masyarakat.
  10. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan aparatur yang profesional, terampil, Jujur, berbudi pekerti luhur dan religius.
  11. Mengimplementasikan pembangunan yang selalu mengikuti perkembangan dan perubahan situasi serta kondisi lokal, nasional dan global.
  12. Meningkatkan partisipasipasi dan peran serta masyarakat dalam pembangunan yang berkelanjutan
  13. Meningkatkan pengelolaan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat
  14. Meningkatkan fungsi kelembagaan mulai dari RT, RW, LPMD, BPD, pemerintah desa, Organisasi Pemuda, Organisasi sosial masyarakat,
  15. Meningkatnya kwalitas pelayanan publik
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : DESA GRAWAN KECAMATAN SUMBER KABUPATEN REMBANG
Desa : GRAWAN
Kecamatan : SUMBER
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59253
Telepon : 081326310979
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung