Kontak kami : Alamat : DESA GRAWAN KEC. SUMBER KAB. REMBANG Email : [email protected] TELP. : 081326310979 KONTAK KAMI PEMDES GRAWAN KEC.SUMBER KAB.REMBANG  

Pemerintahan Desa

ASWIN ABDUL IMAM SHOLIKIN SPd | 06 Februari 2023 01:44:28 | 7.599 Kali

VISI DAN MISI

PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DESA GRAWAN

 

 

  1. VISI

Berdasarkan Visi kepala desa terpilih desa Grawan pada saat mencalonkan diri,  dengan memperhatikan  data kondisi umum desa dan  analisis isu-isu strategis pembangunan jangka menengah desa untuk  enam  tahun kedepan dirumuskan menjadi visi pembangunan jangka menengah desa Grawan Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang Tahun 2020-2025 adalah sebagai berikut :

 

Guyup Rukun Gotong Royong Menuju Desa Grawan Semakin Maju, Mandiri , Berbakat dan Berbudi Pekerti

 

Penjelasan unsur-unsur  visi diatas adalah sebagai berikut:

  1. Grawan  yang  Guyup rukun gotong royong, adalah kondisi  masyarakat desa Grawan Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang  yang bahagia baik lahir maupun batin. Kebahagian itu ditunjukkan dengan saling mengerti satu dengan yang lain saling tolong menolong, gotong royong dalam hal bakti sosial lingkungan, terjaminnya kebebasan menjalankan ibadah sesuai keyakinan , terwujudnya ketenteraman dalam kehidupan berumah tangga dan bermasyarakat.
  2. Grawan yang Maju, Desa Grawan Kecamatan Sumber memiliki sarana prasarana yang memadai dengan tingkat pelayanan publik yang memuaskan, didukung oleh sistem pemerintahan desa daerah yang partisipatif, transparan, akuntabel dan demokratis, ditopang oleh teknologi dan informasi  serta mendukung dalam hal Wisata Bendungan Desa.
  3. Grawan  yang Mandiri, adalah desa Grawan Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang memiliki petensi pertanian yang dapat meningkatkan proporsi pendapatan asli desa yang semakin besar dan terwujudnya surplus bahan pangan, palawija dan produk peternakan  dan perkebunan dengan tetap mempertahankan swasembada padi dan jagung. Banyaknya home industri /  rumah tangga yang memanfaatkan sumberdaya lokal, baik bahan, maupun tenaga kerja dalam proses produksinya.
  4. Grawan  yang Berbakat, adalah masyarakat banyak yang mempunyai bakat dan ketrampilan, sehingga mampu beraktifitas dan bekerja untuk mendapatkan penghasilan yang cukup, contoh saja pemuda banyak yang hobi dalam olah raga bola volly, pertukangan, bengkel sepeda motor, bengkel las, menjahit dan bordir.
  5. Grawan  yang Berbudi pekerti, adalah masyarakat  desa Grawan Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang mampu mengikuti perkembangan dan perubahan situasi serta kondisi lokal, nasional dan global  di bidang pendidikan, tehnologi,   ekonomi, sosial, budaya dan politik, tanpa harus menjadi korban sebagai dampak arus globalisasi dan ketentraman dalam bermasyarakat.
  1. Misi

Dalam rangka mencapai visi seperti tersebut diatas, dirumuskan sejumlah misi sebagai berikut:

 

  1. Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa dan Lembaga Desa Menurut Kewajiban dan Tugasnya masing-masing.
  2. Meningkatkan pembangunan infrastruktur pelayanan publik yang mendukung perekonomian desa, seperti jalan desa/lingkungan, jembatan , embung, jaringan irigasi, serta infrastruktur strategis lainnya yang sudah tidak layak atau sudah rusak, serta penataan lingkungan di tiap-tiap RT dengan musyawarah mufakat.
  3. Meningkatkan mutu dan akses pelayanan kesehatan dasar di pustu , mendorong peningkatan derajat kesehatan, pemberdayaan Posyandu, agar  masyarakat dapat hidup sehat  dan memiliki harapan hidup yang lebih panjang.
  4. Meningkatkan mutu, akses dan relevansi pendidikan sejak dini mulai dari jenjang PAUD , TK, Pendidikan dasar sampai dengan jenjang menengah dan pendidikan tinggi untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia .Memacu pertumbuhan investasi dalam rangka menghidupkan dan meningkatkan perkembangan sektor riil dan peningkatan kesempatan kerja serta pendidikan agama baik TPQ maupun MADDIN.
  5. Meningkatkan akses UMKM terhadap sumber permodalan dan menciptakan iklim usaha yang kondusif.
  6. Meningkatnya perekonomian masyarakat.
  7. Meningkatnya pengelolaan sumberdaya alam sesuai kewenangan lokal berskala desa melalui Bumdes
  8. Meningkatkan produktivitas pertanian dalam arti luas.
  9. Meningkatkan pendapatan asli desa  terutama dari sumber-sumber pendapatan non konvensional dan tidak membebani masyarakat.
  10. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan aparatur yang profesional, terampil, Jujur, berbudi pekerti luhur dan religius.
  11. Mengimplementasikan pembangunan yang selalu mengikuti perkembangan dan perubahan situasi serta kondisi lokal, nasional dan global.
  12. Meningkatkan partisipasipasi dan peran serta masyarakat dalam pembangunan yang berkelanjutan
  13. Meningkatkan pengelolaan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat
  14. Meningkatkan fungsi kelembagaan mulai dari RT, RW, LPMD, BPD, pemerintah desa, Organisasi Pemuda, Organisasi sosial masyarakat,
  15. Meningkatnya kwalitas pelayanan publik

 

  1. Tujuan

Dalam rangka mewujudkan misi-misi sebagaimana telah dirumuskan di atas, maka tujuan yang hendak dicapai dalam kurung waktu 6 (enam) tahun mendatang  adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan daya tarik investasi di desa Grawan
  2. Meningkatkan penyaluran modal bagi pelaku UMKM di desa Grawan

 

  1. Meningkatkan kesempatan berusaha bagi masyarakat
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan usaha pertanian tanaman pangan, hortikulura, perkebunan, peternakan dan perikanan budidaya dalam rangka pengembangan wilayah pertanian
  3. Mengoptimalkan intensifikasi, efisiensi dan pemanfaatan potensi sumber-sumber pendapatan asli desa dan pengelolaan sumberdaya alam
  4. Mengoptimalkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan formal dan non formal, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan , penyediaan sarana penunjang pembelajaran, memfasilitasi dan memberikan kesempatan masyarakat miskin untuk memperoleh pendidikan murah / gratis sampai jenjang perguruan tinggi
  5. Meningkatkan peran Posyandu, jumlah kader tenaga kesehatan dan lembaga penyelenggara pelayanan kesehatan di desa.
  6. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di segala bidang kompeten, profesional, mandiri dan bermanfaat dengan di dasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  7. Meningkatkan kualitas infrastruktur dasar, pembangunan infrasturktur pedesaan dan wilayah cepat tumbuh
  8. Meningkatnya kualitas pelayanan aparatur pemerintah desa kepada masyarakat
  9. Mengembangkan tata kelola wilayah pertanian yang mampu menjadi pemicu pergerakan ekonomi lokal dan daya saing
  10. Mengembangkan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai Asas Umum Pemerintahan yang Baik, partisipatif dengan melibatkan semua lapisan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaa dan pertanggungjawaban , responsif terhadap perkembangan dan perubahan dinamika kebijakan serta proaktif dalam mengantisipasi perkembangan global, ditopang oleh teknologi komunikasi dan informasi yang memadai
  11. Meningkatkan partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan
  12. Pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan

 

  1. Sasaran

Sasaran yang hendak dicapai atau dihasilkan dalam kurun waktu 6(enam) tahun, dapat dirumuskan berdasarkan tujuan-tujuan yang ada.

Tujuan-1: Meningkatkan daya tarik investasi di desa Grawan. Sasarannya adalah :

  1. Kemudahan prosedur pelayanan dan perijinan investasi di desa
  2. Promosi peluang investasi.
  3. Terjaminnya keamanan berusaha.
  4. Tersedianya infrastruktur yang memadai.
  5. Tersedianya dukungan SDM yang
  6. Tersusunnya regulasi tata ruang di desa

 

Tujuan-2: Meningkatkan penyaluran modal bagi pelaku UMKM. Sasarannya adalah  :

  1. Penyediaan informasi ketersediaan dana pada perbankan dan pelayanan non bank serta kemudahan persyaratan pengajuan pinjaman.
  2. Penyebaran sarana pelayanan bank dan lembaga keuangan non bank ke pelosok d
  3. Membangun lembaga keungan mikro untuk masayarakat kecil
  4. Adanya kemudahan akses permodalan bagi masyarakat untuk berusaha
  5. Dimilikinya legalitas asset pelaku usaha sebagai jaminan kredit.

 

Tujuan-3: Meningkatkan kesempatan berusaha bagi masyarakat.  Sasarannya adalah :

  1. Adanya sumber daya manusia .
  2. Kemudahan perijinan investasi
  3. Ketersediaan infrastruktur yang memadai.
  4. Ketersediaan lembaga keuangan yang dapat memberikan pinjaman permodalan
  5. Penyebaran sarana perbankan.
  6. Iklim investasi yang kondusif

 

 

Tujuan-4: Meningkatkan efisiensi dan efektivitas Pengelolaan usaha pertanian tanaman pangan, hortikulura, perkebunan, peternakan dan perikanan tangkap. Sasarannya adalah: 

  1. Mudahnya akses petani terhadap sarana produksi pertanian dan alat mesin pertanian tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan budidaya.
  2. Meningkatnya kemapuan petenai dalam pengelolaan usaha.
  3. Tersedianya akses permodalan untuk pengembangan usaha
  4. Meningkatnya akses perdagangan dari petani ke tengkulak
  5. Meningkatnya peran kelompok tani dan gabungan kelompok tani
  6. Meningkatnya kualitas dan kuantitas infrastruktur dasar pertanian , embung, jaringan irigasi, cek dam, talud.

 

Tujuan-5: Mengoptimalkan intensifikasi, efisiensi dan pemanfaatan potensi sumber-sumber pendapatan asli daerah dan sumberdaya alam. Sasarannya adalah :

  1. Meningkatnya intensifikasi sumber-sumber pendapatan asli desa.
  2. Meningkatnya partisipasi dan pemberdayaan masyarakat
  3. Terbentuknya Bumdes yang mengelola SDA untuk peningkatan PADesa
  4. Terwujudnya sumber PADesa baru yang tidak membani masyarakat

 

 

Tujuan-6: Mengoptimalkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan formal dan non formal, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan , penyediaan sarana penunjang pembelajaran, memfasilitasi dan memberikan kesempatan masyarakat miskin untuk memperoleh pendidikan murah / gratis sampai jenjang perguruan tinggi. Sasarannya adalah :

  1. Meningkatnya tenaga pendidik non formal untuk melaksanakan pembelajaran keagamaan pada masyarakat.
  2. Meningkatnya kualitas proses pembelajaran pada semua jenjang pendidikan.
  3. Terwujudnya Angka Partisipasi Murni (APM) yang tinggi pada semua jenjang pendidikan.
  4. Berfungsinya lembaga pendidikan formal dan non formal di desa
  5. Meningkatnya infrastruktur pendidikan umum dan keagamaan
  6. Tersedianya beasiswa bagi penduduk miskin.

 

 

Tujuan-7: Meningkatkan peran Posyandu, jumlah kader tenaga kesehatan desa dan lembaga penyelenggara pelayanan kesehatan di desa Grawan . Sasarannya adalah :

  1. Menurunnya angka kematian ibu melahirkan
  2. Menurunnya angka kematian bayi
  3. Menurunnya prevalensi gizi buruk
  4. Meningkatnya angka harapan hidup
  5. Meingkatnya perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat
  6. Berfungsinya posyandu yang berperan meningkatkan kesehatan masyarakat
  7. Terbentuknya kader kesehatan desa .
  8. Meningkatnya peran Polindes dalam memberikan layanan kesesahan di desa
  9. Tersedianya tenaga kesehatan di Polindes desa yang memadai
  10. Tersedianya obat-obatan di Polindes yang memadai.
  11. Tersedianya peralatan medis di Polindes yang memadai.
  12. Meningkatnya pengelolaan penyelenggara pelayanan kesehatan.
  13. Tersedianya jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin.
  14. Menurunnya angka kesakitan akibat penyakit menular ( HIV, DB, Cikungunya dll)

 

Tujuan-8: Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di segala bidang kompeten, profesional, mandiri dan bermanfaat dengan di dasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sasarannya adalah :

  1. Meningkatnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di kalangan masyarakat.
  2. Meningkatnya sarana peribadatan dan pendidikan agama.
  3. Meningkatnya kualitas penyelenggaraan pendidikan dan latihan (Diklat) pegawai.
  4. Meningkatnya kualitas penyelenggaraan pelatihan kerja/ketrampilan bagi masyarakat.

Tujuan-9: Meningkatkan kualitas infrastruktur dasar, pembangunan infrasturktur pedesaan dan wilayah cepat tumbuh. Sasarannya adalah :

  1. Meningkatnya kualitas prasarana jalan desa , jalan lingkungan dan jembatan.
  2. Meningkatnya kualitas saluran irigasi, cekdam, embung.
  3. Meningkatnya kualitas jalan usaha tani.
  4. Meningkatnya kualitas saluran drainase.
  5. Terbangunnya talud jalan dan jalan Rabat beton;

 

 

Tujuan-10: Meningkatnya kualitas pelayanan aparatur pemerintah desa kepada masyarakat

Sasarannya adalah :

  1. Terbangunya sarana dan prasarana gedung/kantor desa
  2. Terwujudnya peningkatan kwalitas SDM / aparatur
  3. Terbangunya fasilitas umum bagi masyarakat
  4. Terwujudnya sarana dan prasarana perkantoran yang memadai
  5. Meningkatnya kesejahteraan Kades dan perangkat serta lembaga – lembaga desa

 

 

Tujuan-11: Mengembangkan tata kelola wilayah pertanian yang mampu menjadi pemicu pergerakan ekonomi lokal dan daya saing

Sasarannya adalah :

  1. Terbangunya sarana dan prasarana yang mendukung terwujudnya ketahanan pangan
  2. Terwujudnya pemberdayaan masyarakat wilayah pertanian
  3. Meningkatnya hasil hasil produksi pertanian
  4. Meningkatnya penerapan ternologi pertanian
  5. Menjaga ketersediaan pupuk organik dan anorganik serta melaksanakan Pemupukan berimbang
  6. Terbangunya kawasan sentra produksi pertanian, perkebunan dan pengembangan budidaya perikanan
  7. Terwujudnya swasembada pangan, palawija, perkebunan, perikanan budidaya

Tujuan-12: Mengembangkan tatakelola pemerintahan yang baik, responsif terhadap perkembangan dan perubahan dinamika kebijakan dan proaktif dalam mengantisipasi perkembangan global, ditopang oleh teknologi komunikasi dan informasi yang memadai.  Sasarannya adalah :

  1. Terselenggaranya pemerintahan desa yang mempertimbangkan prinsip-prinsip demokrasi serta good and clean governance.
  2. Tersedianya sistem dan kelembagaan layanan publik yang efektif dan efisien.
  3. Terlaksananya pembangunan yang demokratis dan partisipatif
  4. Terlaksananya tata kelola anggaran desa berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku
  5. Responsif terhadap perubahan dinamika kebijakan nasional.
  6. Proaktif dalam mengantisipasi perkembangan/ perubahan lingkungan strategis.

 

 

Tujuan-13: Meningkatkan partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan

Sasarannya adalah :

  1. Meningkatnya swadaya masyarakat dalam pembangunan fasilitas umum
  2. Tumbuh dan berkembangnya semangat gotongroyong dan kebersamaan
  3. Meningkatnya parstisipasi masyarakat dalam kegiatan keolahragaan
  4. Meningkatnya parstisipasi masyarakat dalam kegiatan keagamaan
  5. Terlaksananya Siskampling oleh masyarakat

 

Tujuan-14: Pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan

Sasarannya adalah :

  1. Meningkatnya pengendalian alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian
  2. Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pelestarian lingkungan
  3. Melaksanakan reboisasi
  4. Melaksanakan perlindungan dan konservasi sumberdaya alam
  5. Menjaga ketersediaan air tanah / sumber sumber air
  6. Menjaga keseimbangan daya tampung dan daya dukung lingkungan

 

 

  1. Tahapan Pembangunan Desa Grawan Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang 2020-2025

Dalam rangka mencapai visi desa Grawan  tahun 2020-2025 yaitu “ Guyup Rukun Gotong Royong Menuju Desa Grawan Semakin Maju, Mandiri , Berbakat dan Berbudi Pekerti ”

telah ditetapkan 14 (empat belas)  rumusan tujuan sebagai perincian atas visi sebagai  tujuan pembangunan desa. Untuk itu perlu dirumuskan pentahapan pembangunan yang dapat dipergunakan sebagai sasaran antara (milestone) dalam pencapaian visi pembangunan desa sebagai rencana kerja pemerintah desa Grawan yang akan dicapai dalam kurun waktu 6 (enam) tahun, dan di kelompokkan dalam 3 pentahapan.

Penyusunan tahapan pembangunan tersebut merupakan perumusan  prioritas pencapaian tujuan, yang memiliki arti bahwa  tujuan tersebut  diupayakan dapat diselesaikan pada tahap yang bersangkutan menjabat kepala desa,  serta untuk menunjukkan pemusatan perhatian pembangunan yang ada d8 i desa berdasarkan skala prioritas pembangunan, agar mendapatkan dukungan  segenap lapisan masyarakat  dan stakeholder pembangunan desa, daerah, maupun pusat dengan tetap memperhatikan pencapaian tujuan strategi prioritas pembangunan oleh Pemerintah.  Adapun Tahapan pembangunan tersebut, dibagi menjadi tiga (3) tahap sebagai berikut : 

 

 

 

 

  1. Tahap I Tahun 2020-2025 Penguatan  Kerangka Dasar Pembangunan Desa melalui peningkatan  SDM Aparatur, Pembangunan Kelembagaan, Pendidikan dan Kesehatan masyarakat serta kualitas infrastruktur.

Pada tahap ini diprioritaskan pelaksanaan 5 ( lima ) tujuan, sebagai berikut :

  1. Meningkatnya kualitas pelayanan aparatur pemerintah desa kepada masyarakat
  2. Meningkatkan peran Posyandu, jumlah kader tenaga kesehatan desa dan lembaga penyelenggara pelayanan kesehatan di desa
  1. Mengoptimalkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan formal dan non formal, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan , penyediaan sarana penunjang pembelajaran, memfasilitasi dan memberikan kesempatan masyarakat miskin untuk memperoleh pendidikan murah / gratis sampai jenjang perguruan tinggi.
  2. Meningkatkan kualitas infrastruktur dasar, pembangunan infrasturktur pedesaan dan wilayah cepat tumbuh.
  3. Mengembangkan tata kelola wilayah pertanian yang mampu menjadi pemicu pergerakan ekonomi lokal dan daya saing

 

  1. Tahap II Tahun 2020-2025 Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Melalui Peningkatan Produktivitas Pertanian, Akses Modal UMKM, Pertumbuhan investasi, PADesa, Sumberdaya Alam, Pada tahap ini diprioritaskan pelaksanaan 5 (lima) tujuan, sebagai berikut :
  2. Meningkatkan penyaluran modal bagi pelaku UMKM di desa Grawan
  3. Meningkatkan kesempatan berusaha bagi masyarakat
  4. Meningkatkan daya tarik investasi di desa Grawan Melalui Bidang Pariwisata
  5. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan usaha pertanian tanaman pangan, hortikulura, perkebunan, peternakan dan perikanan budidaya dalam rangka pengembangan wilayah pertanian
  6. Mengoptimalkan intensifikasi, efisiensi dan pemanfaatan potensi sumber-sumber pendapatan asli desa dan pengelolaan sumberdaya alam

 

  1. Tahap III Tahun 2020-2025 Tahap Perwujudan Masyarakat Grawan yang Sejahtera,  Mandiri, Maju, dan Dinamis. Pada tahap ini diprioritaskan pelaksanaan 4 (empat) tujuan, sebagai berikut :
  2. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di segala bidang kompeten, profesional, mandiri dan bermanfaat dengan di dasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Mengembangkan tatakelola pemerintahan yang baik, responsif terhadap perkembangan dan perubahan dinamika kebijakan dan proaktif dalam mengantisipasi perkembangan global, ditopang oleh teknologi komunikasi dan informasi yang memadai.
  4. Melestarikan sumberdaya alam dan lingkungan
  5. Meningkatkan partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : DESA GRAWAN KECAMATAN SUMBER KABUPATEN REMBANG
Desa : GRAWAN
Kecamatan : SUMBER
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59253
Telepon : 081326310979
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung